5 Gangguan Kehamilan yang Sering Terjadi dan Wajib Diwaspadai

Masa kehamilan adalah momen yang paling dinanti oleh semua wanita. Siapa yang tidak senang jika keluarga akan kehadiran anggota baru. Namun banyak hal-hal yang harus diperhatikan agar rahim dalam keadaan sehat. Perubahan hormon esterogen yang berubah-ubah tentu membuat suasana ibu hamil semakin terganggu. Berikut 5 gangguan kesehatan ibu hamil yang wajib kita ketahui.

  1. Anemia

Anemia merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kurangnya zat besi pada tubuh ibu hamil mempengaruhi imun daya tahan tubuh seorang ibu. Seperti tubuh semakin melemah, mata berkunang-kunang, pusing, dan wajah tampak pucat. Sangat berbahaya apabila tidak diatasi dengan segera mungkin. Mengonsumsi makanan zat besi seperti sayuran dapat membantu gangguan tersebut.

  1. Muntah atau Mual

Hampir semua wanita mengalami gangguan ini yang disebabkan oleh hormon esterogen yang diprodusi berlebihan. Perubahan hormon tentu menyebabkan keseimbangan air dalam tubuh merasa terganggu seperti mencium bau-bau menyengat atau bau lainnya. Namun, jika gangguan ini masih berlanjut ada baiknya mengonsumsi air gula hangat atau teh hangat.

  1. Nyeri di Perut yang Berlebihan

Masalah ini juga termasuk 5 gangguan kesehatan ibu hamil biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan. Kualitas makanan yang dicerna oleh ibu hamil memang harus diperhatikan karena setiap asupan nutrisinya akan disalurkan ke dalam janin. Oleh karena itu bayi harus mendapatkan nutrisi yang cukup dan mengandung gizi seimbang.

  1. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Gangguan yang satu ini wajib diwaspadai. Pasalnya bisa jadi ibu hamil tidak mencerna makanan yang mengandung gizi atau makan sembarangan. Apabila dibiarkan gangguan ini bisa menjadi masalah serius karena bisa berdampak buruk pada janin dan ibu hamil. Oleh sebab itu ada baiknya ibu hamil lebih menjaga pola makan dengan hati-hati.

  1. Stres atau Depresi

Gangguan ini sudah menjadi umum dan termasuk 5 gangguan kesehatan ibu hamil apalagi jika wanita tersebut hamil di usia muda. Gangguan stress berlebihan bisa menyebabkan darah tinggi dan depresi tentu sangat tidak baik dan dapat mengganggu bagi kesehatan janin. Sering-sering melakukan olahraga atau yoga bisa membantu atasi gangguan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *