Mengapa Pembekuan Telur Bisa Menjadi Kritis dalam Mendapatkan Hamil

Jika Anda bertanya kepada pasangan yang sudah menikah apa hadiah yang paling dihargai dari hubungan mereka, maka akan ada jawaban untuk anak-anak mereka. Tidak peduli dari negara mana Anda berasal, menyambut seorang anak datang dengan perasaan sukacita yang sama. Perasaan ini dapat mengambil kursi belakang ketika Anda tidak dapat hamil bahkan setelah mencoba berulang kali. Ketika Anda mencoba selama lebih dari satu tahun tetapi tidak dapat hamil, maka istilah medis infertilitas digunakan. Ini dapat menyebabkan banyak tekanan mental. Namun, dengan kemajuan teknik modern, ada banyak pilihan perawatan untuk kondisi ini. Dalam banyak kasus infertilitas, ada masalah telur. Ada opsi pembekuan telur di tahun-tahun awal ketika telur diproduksi dalam jumlah yang baik. Untuk melakukan ini, Anda perlu berkonsultasi dengan pusat pembekuan telur.

Mengapa telur dibekukan?

Pemupukan telur adalah langkah yang diambil sebelum kehamilan. Ini dianggap sebagai langkah pertama untuk hamil pada tahap selanjutnya. Banyak wanita meneruskan prosedur ini karena mereka tidak memiliki pasangan pria yang aktif. Ini adalah alasan utama mengapa mereka belum memulai keluarga mereka. Dalam beberapa kasus, mereka menempatkan karir mereka di depan dan ingin menunggu sambil memiliki anak karena dapat menjadi penghalang. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan sel telur berkembang menurun yang mengarah ke masalah kehamilan. Telur yang dibekukan tidak menua atau menjadi tua. Jam biologis dihentikan untuk mereka. Alasan medis juga berperan dalam hal ini. Perawatan kanker secara langsung mempengaruhi ovarium dan dapat merusak sel telur dengan menyebabkan menopause dini.

Apa itu pembekuan telur?

Pembekuan telur adalah prosedur yang melibatkan pelestarian telur wanita. Ini dipanen dari ovarium dan disimpan untuk digunakan pada tahap kehidupan selanjutnya. Mereka dibekukan dalam kondisi yang tidak dibuahi yang kemudian dicairkan dan dikombinasikan dengan sperma dan ditanamkan ke dalam rahim wanita selama IVF untuk memudahkan kehamilan. Pembekuan sel telur pada dasarnya dilakukan karena komplikasi infertilitas sebagian besar terjadi karena kerusakan sel kuman. Rahim tetap berfungsi sepenuhnya.

Apa risiko yang terkait?

Sebelum melanjutkan prosedur ini, pusat pembekuan oosit Anda akan memberi tahu Anda tentang semua risiko yang menyertai prosedur ini. Beberapa risiko umum termasuk –

• Anda harus siap secara emosional karena tidak 100 persen berhasil. Seharusnya tidak ada harapan palsu. Proses itu sendiri adalah langkah positif dan memberdayakan tetapi tidak sepenuhnya bebas risiko.

• Anda diberikan obat kesuburan yang dapat menyebabkan beberapa kondisi medis. Penggunaan obat kesuburan yang dapat disuntikkan menyebabkan sindrom hiperstimulasi ovarium yang menyebabkan nyeri perut ringan, kembung, dan mual. Jarang, cairan menumpuk dan sesak napas juga.

• Ada juga komplikasi prosedur pengambilan telur. Jarum yang digunakan dalam mengambil telur menyebabkan perdarahan dan infeksi pada usus, kandung kemih atau pembuluh darah.

Bagaimana Anda mempersiapkan prosedur?

Sebelum proses dimulai, pusat pembekuan telur akan memiliki beberapa metode penyaringan. Pengujian cadangan ovarium dilakukan untuk menentukan jumlah serta kualitas telur Anda. Hasil yang akan keluar akan membantu dalam menentukan bagaimana ovarium akan merespon obat kesuburan. Anda juga akan diskrining untuk penyakit tertentu seperti HIV. Setelah semua tes selesai, Anda dapat bertanya kepada dokter tentang semua keraguan yang Anda miliki.

Bagaimana prosedurnya?

Ada dua metode untuk membekukan telur –

• Metode pembekuan lambat – dalam prosedur ini, cryoprotectants konsentrasi rendah digunakan. Begitu laju metabolisme telur berkurang, konsentrasi meningkat.

• Vitrifikasi – Dalam prosedur ini, konsentrasi awal cryoprotectants yang tinggi dikombinasikan dengan pendinginan dengan kecepatan tinggi. Ini dilakukan agar kristal es intraseluler tidak terbentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *