Mengatasi halitosis secara alami

Mengatasi halitosis secara alami

Bau mulut atau halitosis adalah sesuatu yang sangat mengganggu aktifitas kita, hal ini bisa terjadi karena faktor dari rasa malas kita untuk menjaga kesehatan mulut. Diantaranya malas untuk menggosok gigi sehingga sisa-sia makanan yang terdapat pada mulut tidak bersih , selain itu juga dari faktor mulut yang kering akibat tidak mengunyah makanan satupun contohnya ketika dalam berpuasa bau mulut sering saja terjadi, maka salah satu cara agar bau mulut dapat diatasi rutinkan minum air minimal 8 gelas perhari. Berikut ada beberapa faktor cara mengatasi halitosis secara alami diantaranya :

  • Daun saga

Daun yang mengandung senyawa anti bakteri tersebut dipercaya mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut terjadi karena mampu mengurangi peradangan pada gusi dan mulut sehingga selain dapat mengatasi bau mulut juga dapat mengatasi sariawan, bahkan daun tersebut bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi agar tidak mudah rusak.

  • Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C ini selain memiliki fungsi meningkatkan air liur juga memiliki rasa yang menyegarkan. Alasan mengapa buah yang satu ini mampu mengatasi halitosis secara alami karena dengan meningkatnya air liur, bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang.

  • Akar manis

Salah satu obat herbal yang umum digunakan untuk mengatasi masalah gatal-gatal, nyeri ulu hati, peradangan kulit, diantaranya adalah licorice atau kita kenal dengan akar manis. Selain itu, herbal yang satu ini juga mengandung senyawa antibakteri hingga menjadi alasan mengapa dapat menghilangkan bau mulut, serta mencegah kerusakan gigi dan gusi.

  • Susu

Siapa yang tidak kenal susu ? semua orang pasti sudah mengetahuinya. Susu adalah salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut akibat dari mengkonsumsi makanan berbau seperti bumbu yang mengandung bawang putih atau bawang merah, hal ini sudah dibuktikan langsung lewat beberapa penelitian. Maka dianjurkan minum susu setelah makan agar bau mulut menjadi hilang.

  • Teh hijau

Teh hijau atau yang kita kenal dengan sebutan green tea ternyata mengandung zat antibakteri dan antioksidan, sehingga terbukti mengurangi peradangan dan ampuh untuk menghilangkan bau mulut sehabis makan.

  • Daun sirih

Salah satu herbal yang baik untuk mengatasi bau mulut. Daun yang satu ini biasanya sering dikunyah oleh sebagian khalayak masyarakat, ternyata telah terbukti lewat beberapa penelitian bahwa obat herbal ini memang memiliki efek antibakteri dan antiradang sehingga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.[1]

  • Buah apel

Apel adalah salah satu buah yang kaya akan serat dan sangat baik untuk melancarkan metabolisme sehingga tidak heran lagi jika apel ini juga efektif meredakan bau mulut. Buah yang sangat disukai karena teksturnya yang renyah saat dimakan, sehingga mampu melepaskan sisa makanan yang tersangkut pada gigi juga membuat mulut lebih banyak memprosuksi air liur, tidak perlu dikhawatirkan lagi jika buah ini mampu mengatasi halitosis secara alami.

  • Minum air putih

Selain membantu untuk menjaga stamina tubuh, air putih juga sangat berperan dalam kebersihan mulut, karena jika mulut kering maka akan berepengaruh pada produksi air liur yang semakin sedikit, sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyaknya agar ketika membuka mulut bau mulut tidak akan menyerbak keluar.

  • Sikat gigi

Menjaga kebersihan dan kesehatan memang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang, apalagi dalam persoalan kebersihan mulut, karena disitulah awal pertama makanan masuk kedalam tubuh. Jika mulutnya tidak bersih maka jangan heran bila makanan yang masuk kedalam perut sangat kotor, salah satu cara jika ingin mengatasi halitosis secara alami. Pastikan kita membersihkan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari pagi dan malam, pastikan juga sikat gigi anda diganti selama 3-4 bulan sekali. Karena jika bulu sikat tipis tidak akan efektif untuk membersihkan gigi dari plak atau bahkan sisa

[1] Sumber referensi alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *