Nutrisi untuk Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Tidak hanya olahraga dan rutin cek kesehatan janin, kesehatan ibu dan janin juga harus tetap dijaga melalui asupan makanan yang kaya akan nutrisi. Untuk para ibu hamil harus selalu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh supaya janin tetap sehat dan berkembang dengan baik.Berikut ini adalah beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang penting untuk kesehatan bayi serta sang ibu dan harus dipenuhi:

  • Serat

Makanan yang banyak mengandung serat merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Nutrisi tersebut dapat membantu ibu hamil dalam mengendalikan kadar gula darah serta dapat menghindari penyakit diabetes gestasional. Selain itu, nutrisi yang mengandung banyak serat bisa membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan pencernaan. Sebab, serat ini berfungsi melancarkan pergerakan usus dalam memindahkan sisa-sisa makanan hingga ke anus, jadi BAB semakin lancar tanpa sembelit.

  • Protein

Nutrisi untuk ibu hamil yang kedua adalah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil, sebab nutrisi ini dapat membantu dalam memperbaiki jaringan, sel, serta otot yang rusak. Asupan protein yang cukup dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin secara lebih optimal, terlebih pada perkembangan otaknya.

  • Karbohidrat

Nutrisi ini berfungsi sebagai penyuplai energi pada tubuh ibu hamil. Sehingga nutrisi ini sangat penting dan harus selalu dipenuhi. Setelah dicerna di dalam perut, karbohidrat akan berubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang kemudian akan menjadi sumber energi pada tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga mengandung fitonutrien yang memiliki peran sebagai antioksidan.

  • Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi ibu hamil yang tak kalah penting. Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan banyak kalsium guna mendukung pertumbuhan tulang dan gigi ada bayi. Janis yang ada di dalam perut akan mengambil kebutuhan kalsium dari cadangan yang ada di dalam tubuh sang ibu. Jika ibu hamil tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ini, maka akan berisiko terkena osteoporosis.

Demikian beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang harus dipenuhi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi para ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *