Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Perlu anda ketahui bahwa perkembangan bayi di dalam kandungan sangatlah rentan terhadap hal-hal yang memiliki pengaruh yang tidak baik. Sehingga dapat menimbulkan gangguan pada janin dan perkembangannya. Semua ibu dan orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat dan normal. Untuk itu, apapun akan dilakukan dalam menjaga kesehatan bayi. Pada saat hamil, anda tentu akan dituntut untuk memenuhi segala asupan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Namun, adapula hal-hal yang harus anda hindari, karena akan mempengaruhi perkembangan janin. Berikut adalah pantangan bagi ibu hamil yang harus dihindari:

1. Kafein
Menurut para peneliti, kafein merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari oleh para ibu hamil. Kafein dipercaya tidak baik dikonsumsi dalam jumlah yang banyak setiap harinya, terlebih jika anda sedang dalam masa kehamilan. Bahkan minuman supleman akan berdampak buruk bagi ibu hamil dan juga berisiko mengalami keguguran, atau bayi akan lahir dengan berat badan yang relatif rendah.

2. Makanan mentah
Pantangan bagi ibu hamil yang kedua adalah makanan mentah, baik itu yang berasal dari hewan ataupun sayuran. Makanan mentah yang berasal dari hewan seperti, sushi, daging yang dimasak setengah matang, mengandung bakteri, parasit, bahkan virus yang bisa mengganggu perkembangan bayi yang ada di dalam perut anda. Sayuran mentah seperti kecambah juga mengandung bakteri yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran mentah lain. Untuk itu, anda harus selalu mengonsumsi makanan dengan memasaknya terlebih dahulu, guna menghindari resiko terhadap kesehatan janin.

3. Menggunakan baju yang ketat
Untuk para ibu hamil, hindari memakai baju yang ketat, terlebih baju yang memiliki karet di bagian perutnya. Hal ini akan berisiko dan mengganggu perkembangan bayi yang ada di dalam perut. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menggunakan baju yang longgar dan tidak berbahaya bagi janin.

Demikian beberapa pantangan bagi ibu hamil yang harus dihindari. Supaya janin berkembang dengan baik, para ibu hamil tentu harus menjaga kesehatan dan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan bagi janin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *